LK 2.2a BG
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
PETUNJUK
PENGISIAN LK 2.2a
ANALISIS INDIKATOR
1.
Bukalah halaman pada buku guru yang memuat
jaringan KD – Indikator Pembelajaran.
Halaman ini terdapat pada halaman berjudul Pembelajaran 1,
Pembelajaran 2, dan seterusnya.
2.
Cermatilah kompetensi dasar yang terdapat pada
buku guru. Salinlah kompetensi dasar setiap muatan pelajaran pada lembar kerja kompentensi dasar
3.
Kompetensi dasar harus merupakan pasangan KD
dari KI 3 dan KD dari KI 4. Ambillah kompetensi dasar hasil analisis dari LK 2.1 Analisis KD.
4.
Cermatilah indikator pada buku guru, salinlah
pada indikator tersebut pada kolom Indikator pada Buku.
5.
Periksalah apakah perumusan indikator sudah sesuai
dengan kompetensi dasar dan kaidah yang berlaku pada perumusan indikator.
Penjelasan kaidah perumusan indikator dapat dilihat pada handout.
6.
Tuliskan indikator hasil analisis pada kolom
Indikator Hasil Analisis.
7.
Kompetensi dasar yang belum terdapat pada buku
guru, harus dirumuskan indikatornya. Tuliskan indikator tersebut pada kolom
Indikator Hasil Analisis.
ANALISIS
INDIKATOR
KELAS :
.........................................
TEMA :
.........................................
SUBTEMA :
.........................................
PEMBELAJARAN :
.........................................
1. ANALISIS INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PADA BUKU
|
INDIKATOR HASIL ANALISIS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LK 2.2b BG
|
PETUNJUK
PENGISIAN LK 2.2b TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Bukalah halaman pada buku guru yang memuat
Tujuan Pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran terdapat pada
setiap judul Pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1.
2. Salinlah
tujuan pembelajaran pada buku guru tersebut ke dalam tabel LK kolom Tujuan Pembelajaran
pada Buku.
3. Cermatilah
tujuan pembelajaran pada buku tersebut. Sesuaikan dengan kaidah perumusan
tujuan pembelajaran. Kaidah perumusan tujuan pembelajaran dapat dilihat pada
handout.
4.
Tuliskan hasil analisis tujuan pembelajaran
tersebut pada tabel LK kolom Tujuan pembelajaran hasil analisis.
2. TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS :
.........................................
TEMA :
.........................................
SUBTEMA :
.........................................
PEMBELAJARAN :
.........................................
TUJUAN
PEMBELAJARAN PADA BUKU
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS
|
|
|
LK 2.2 c BG
|
PETUNJUK
PENGISIAN LK 2.2c KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Bukalah
halaman pada buku guru yang memuat kegiatan pembelajaran.
Halaman kegiatan pembelajaran tersebut
terdapat pada setiap Pembelajaran.
2. Cermatilah
kegiatan pembelajaran yang terdapat pada buku guru.
3. Salinlah
kegiatan pembelajaran tersebut pada tabel LK 2.2.c pada kolom Kegiatan
Pembelajaran pada Buku.
4.
Lakukan identifikasi penerapan pendekatan
saintifik,penerapan model-model pembelajaran (Project
Based Learning, Problem Based learning dan Discovery Learning), serta higher oreder thinking skills pada kegiatan
pembelajaran tersebut. Tuliskan ada
atau tidak pada kolom yang tersedia.
Bila ada tuliskan contohnya pada kolom yang tersedia. Bila tidak ada tuliskan
saran pada kolom yang tersedia dengan memerhatikan tujuan pembelajaran hasil
analisis seperti tercantum pada tabel LK 2.2b
3. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KELAS :
.........................................
TEMA :
.........................................
SUBTEMA :
.........................................
PEMBELAJARAN :
.........................................
Kegiatan
Pembelajaran
pada Buku
|
Kegiatan
Pembelajaran
dengan Menerapkan
Pendekatan
Saintifik
|
Kegiatan
Pembelajaran dengan Menerapkan Model-model Pembelajaran (Pjbl, PBl, DL)
|
Kegiatan
Pembelajaran yang Memunculkan
HOTS (Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi)
|
Keterangan
dan Saran
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
Ada
|
Tidak Ada
|
Ada
|
Tidak ada
|
Ada
|
Tidak ada
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
LK 2.2 d BG
|
PETUNJUK
PENGISIAN LK 2.3. d
PENILAIAN
1.
Bukalah halaman pada buku guru yang memuat
tentang penilaian.
Penilaian terdapat pada setiap judul
pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, dan seterusnya.
2.
Cermatilah penilaian yang ada pada buku,
sesuaikan dengan tujuan pembelajaran hasil
analisis pada LK 3.2.b.
3.
Tandailah dengan check list (V) pada kolom sesuai atau tidak sesuai.
4.
Penilaian sikap dapat dilihat kesesuainnya
dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Sikap yang dikembangkan
tercantum pada degree tujuan pembelajaran, misalnya percaya diri, teliti, dan
santun.
5.
Penilaian keterampilan dapat dilihat
kesesuaiannya dengan indikator yang
dirumuskan dari KD yang berasal dari KI 4. Misalnya, apakah akan dinilai unjuk
kerja atau unjuk produk.
6. Penilaian
pengetahuan dapat dilihat kesesuaiannya dengan indikator yang dirumuskan dari
KD yang berasal dari KI 3. Misalnya, tes pengetahuan yang terdapat pada buku
siswa, yang terdiri atas tes tertulis atau tes lisan.
7. Analisis
penilaian pada buku siswa dan buku guru difokuskan pada kesesuaian dengan
indikator yang dirumuskan. Cara pembuatan
instrumen penilaian secara lengkap dapat dilihat pada Materi Pelatihan 4
tentang Penilaian
4. PENILAIAN
|
KELAS :
.........................................
TEMA :
.........................................
SUBTEMA :
.........................................
PEMBELAJARAN :
.........................................
Penilaian
|
Sesuai
|
Tidak Sesuai
|
Keterangan
|
Saran
|
Sikap
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
|
|
|
|
Bagaimana cara mengunduhnya
BalasHapus