• Tutorial
    • PPGT FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

      Kamis, 09 Oktober 2014

      Leber Kerja (LK) analisi 2.2 Buku Guru (BG)



      LK 2.2a BG
      LEMBAR KERJA ANALISIS INDIKATOR, TUJUAN PEMBELAJARAN,
      KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN

      PETUNJUK PENGISIAN  LK 2.2a ANALISIS INDIKATOR

      1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat jaringan KD – Indikator Pembelajaran.
      Halaman ini terdapat pada halaman berjudul Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, dan seterusnya.
      2.       Cermatilah kompetensi dasar yang terdapat pada buku guru. Salinlah kompetensi dasar setiap muatan pelajaran  pada lembar kerja kompentensi dasar
      3.        Kompetensi dasar harus merupakan pasangan KD dari KI 3 dan KD dari KI 4. Ambillah kompetensi dasar hasil analisis dari LK 2.1 Analisis KD.
      4.       Cermatilah indikator pada buku guru, salinlah pada indikator tersebut pada kolom Indikator pada Buku.
      5.       Periksalah apakah perumusan indikator sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan kaidah yang berlaku pada perumusan indikator. Penjelasan kaidah perumusan indikator dapat dilihat pada handout.
      6.       Tuliskan indikator hasil analisis pada kolom Indikator Hasil Analisis.
      7.       Kompetensi dasar yang belum terdapat pada buku guru, harus dirumuskan indikatornya. Tuliskan indikator tersebut pada kolom Indikator  Hasil Analisis.

      ANALISIS INDIKATOR

      KELAS                                    : .........................................
      TEMA                                    : .........................................
      SUBTEMA                            : .........................................
      PEMBELAJARAN               : .........................................
      1.       ANALISIS INDIKATOR

      KOMPETENSI DASAR
      INDIKATOR PADA BUKU
      INDIKATOR HASIL ANALISIS






















      LK 2.2b BG
       
      PETUNJUK PENGISIAN LK 2.2b TUJUAN PEMBELAJARAN

      1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat Tujuan Pembelajaran.
      Tujuan Pembelajaran terdapat pada setiap judul Pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1.
      2.       Salinlah tujuan pembelajaran pada buku guru tersebut ke dalam tabel LK kolom Tujuan Pembelajaran pada Buku.
      3.       Cermatilah tujuan pembelajaran pada buku tersebut. Sesuaikan dengan kaidah perumusan tujuan pembelajaran. Kaidah perumusan tujuan pembelajaran dapat dilihat pada handout.
      4.       Tuliskan hasil analisis tujuan pembelajaran tersebut pada tabel LK kolom Tujuan pembelajaran hasil analisis.

      2.       TUJUAN PEMBELAJARAN


      KELAS                                    : .........................................
      TEMA                                    : .........................................
      SUBTEMA                            : .........................................
      PEMBELAJARAN               : .........................................

      TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
      TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS































      LK 2.2 c BG
       
      PETUNJUK PENGISIAN LK 2.2c KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat kegiatan pembelajaran.
      Halaman kegiatan pembelajaran tersebut terdapat pada setiap Pembelajaran.
      2.       Cermatilah kegiatan pembelajaran yang terdapat pada buku guru.
      3.       Salinlah kegiatan pembelajaran tersebut pada tabel LK 2.2.c pada kolom Kegiatan Pembelajaran pada Buku.
      4.       Lakukan identifikasi penerapan pendekatan saintifik,penerapan model-model pembelajaran (Project Based Learning, Problem Based learning dan Discovery Learning), serta higher oreder thinking skills pada kegiatan pembelajaran tersebut. Tuliskan ada atau tidak pada kolom yang tersedia. Bila ada tuliskan contohnya pada kolom yang tersedia. Bila tidak ada tuliskan saran pada kolom yang tersedia dengan memerhatikan tujuan pembelajaran hasil analisis seperti tercantum pada tabel LK 2.2b
      3.       KEGIATAN PEMBELAJARAN

      KELAS                                    : .........................................
      TEMA                                    : .........................................
      SUBTEMA                            : .........................................
      PEMBELAJARAN               : .........................................
      Kegiatan Pembelajaran pada Buku
      Kegiatan Pembelajaran dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik
      Kegiatan Pembelajaran dengan Menerapkan Model-model Pembelajaran (Pjbl, PBl, DL)
      Kegiatan Pembelajaran yang Memunculkan HOTS (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi)
      Keterangan dan Saran Kegiatan Pembelajaran
      Ada
      Tidak Ada
      Ada
      Tidak ada
      Ada
      Tidak ada



















      LK 2.2 d BG

      PETUNJUK PENGISIAN LK 2.3. d PENILAIAN                
      1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat tentang penilaian.
             Penilaian terdapat pada setiap judul pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, dan seterusnya.
      2.       Cermatilah penilaian yang ada pada buku, sesuaikan dengan tujuan pembelajaran hasil  analisis pada LK 3.2.b.
      3.       Tandailah dengan check list (V) pada kolom sesuai atau tidak sesuai.
      4.       Penilaian sikap dapat dilihat kesesuainnya dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Sikap yang dikembangkan tercantum  pada degree tujuan pembelajaran, misalnya percaya diri, teliti, dan santun.
      5.       Penilaian keterampilan dapat dilihat kesesuaiannya dengan indikator  yang dirumuskan dari KD yang berasal dari KI 4. Misalnya, apakah akan dinilai unjuk kerja atau unjuk produk.
      6.       Penilaian pengetahuan dapat dilihat kesesuaiannya dengan indikator yang dirumuskan dari KD yang berasal dari KI 3. Misalnya, tes pengetahuan yang terdapat pada buku siswa, yang terdiri atas tes tertulis atau tes lisan.
      7.       Analisis penilaian pada buku siswa dan buku guru difokuskan pada kesesuaian dengan indikator yang dirumuskan. Cara pembuatan  instrumen penilaian secara lengkap dapat dilihat pada Materi Pelatihan 4 tentang Penilaian
      4. PENILAIAN
       



      KELAS                                    : .........................................
      TEMA                                    : .........................................
      SUBTEMA                            : .........................................
      PEMBELAJARAN               : .........................................

      Penilaian
      Sesuai
      Tidak Sesuai
      Keterangan
      Saran
      Sikap










      Keterampilan











      Pengetahuan









      1 komentar: